Monumen Patung Kepala suku Ukumearik Asso

Monumen Patung Kepala suku Ukumearik Asso Elege PHOTOgraphy
Perjalanan berwisata ke Lembah Baliem Wamena anda jangan lupa ketempat yang satu ini di Monumen patung kepala Suku Ukumiarik Asso. Kepala Suku Ukumiarik Asso adalah kepala suku besar pertama kalinya penerima injil di Lembah Baliem Wamena tepatnya di Hitigima.


Ceritera Para Missionaris Ketemu Dengan Kepala Suku Ukumiarek Asso.

Pada tahap awal kegiatan yang para missionaris dilakukan adalah membangun landasan terbang sebagai pusat perhubungan untuk memper-mudah pelayanan dan pasokan bahan pangan, namun karena keadaan tidak mengijinkan akibat terjadinya perang suku yang terus menerus,  maka kemudian zending CAMA memutuskan untuk mencari tempat lain yang dapat digunakan membangun lapangan terbang, sambil menyusuri sungai ke arah selatan tibalah mereka pada daerah kekuasaan suku Asso–Lokobal, di daerah ini (di kampung Hepuba) mereka mendirikan kemah yang letaknya di pinggir sungai Balim.
Photo Asli Kepala suku Ukumearik Asso Elege PHOTOgraphy
Di tempat yang baru ini mereka berusaha mengadakan hubungan dengan orang-orang yang dianggap penting dalam masyarakat setempat dengan menggunakan barang kontak seperti kampak, parang, pisau dan lain sebagainya, upaya tersebut membawa hasil, mereka bisa  bertemu dengan  orang-orang  penting seperti Ukumiarearek, Onarek dan Apsalek. Akibat hubungan yang baik tersebut mereka diberi sebidang tanah dekat sungai Hitigima untuk membangun sebuah landasan pesawat terbang.
Dari Hitigima para penyebar Injil (pendeta) menjelajahi seluruh Balim dan mereka berhasil membuka pos-pos pelayanan Injil seperti Piramid, Ibele, Pugima, Sinatma, Seima dan Tangma yang semua pos tersebut dilengkapi dengan landasan pesawat terbang.
Setelah zending CAMA mendatangi daerah lembah Balim pada tahun 1954 dan menjelajahi sebagian besar lembah ini dalam rangka Pekabaran Injil, maka satu atau dua tahun kemudian berdatangan zending-zending lain ke lembah Balim dalam misi yang sama, seperti   APCM (Asia Pacific Churh Mission), ABMS (Australian Baptist Misionary Society), RBMU (Regions Betond Missionary Union) dan UFM (Unevangelized Fields Mission). 

Sejarah selengkapanya Baca Disini. Jika anda ingin pergi ke Tanah Loncor berwiata di sini yang pastinya anda memulai dari Jayapura jika anda adalah dari luar Pupua mestinya. Dan menuju ke bandara Sentani Jayapura lalu anda bisa menggunakan atau menaiki pesawat trigana air atau sesuai peswat yang anda ingin tumpangi. sesampai di Wamena, Jayawijaya anda bisa menuju ke tanah loncor tempatnya adalah kampung Hitigima jika menggunakan angkot anda membayar sekitar 20rb.untuk ke tempat tujuan yang anda maksud. [Masih dalam sekedar berbagi koleksi foto]